Tips Lolos Diterima Pekerjaan yang Diimpikan di Semua Loker

Tips Lolos Diterima Pekerjaan Impian di Semua Loker

Saat ini kamu sedang galau karena kamu sudah melamar banyak pekerjaan yang ada pada semua platform loker, termasuk info yang kamu dapatkan di info loker Pekanbaru. Namun tak ada satupun yang lolos loker.

Baik itu tidak mendapatkan balasan setelah mengirimkan CV dan surat lamaran. Atau sudah sampai tahap wawancara, namun gugur di wawancara itu.

Beruntunglah, kamu membaca artikel ini karena dengan begitu kamu bisa berkaca pada diri sendiri. Apa yang salah dengan CV atau jawaban wawancaramu di loker, termasuk info loker Pekanbaru yang kamu lamar.

Karena sesempurna apapun tes tertulis atau tes kemampuan yang kamu lakukan , jika kamu melakukan kesalahan di tahap wawancara maka tamat sudah impian pekerjaan yang kamu inginkan.

Sekarang ini juga banyak sekali website dan juga aplikasi yang berkaitan dengan pencarian kerja di sana kamu juga akan mendapatkan sebuah keuntungan yaitu tinggal memasukkan berkas lowongan kerja via online, maka dari itu akan menjadikan apply berkas jauh lebih praktis dan mudah.

CARA MEMBUAT CV

Cara Membuat CV lamaran Kerja
Hal Penting Dalam Membuat CV

Curriculum Vitae (CV) merupakan hal pertama yang akan menjadi pertimbangan perusahan yang kamu lamar lokernya, termasuk info loker pekanbaru.

Seperti dikutip dari cermati.com, buatlah perusahaan terkesan dimulai dari CV yang menarik, ketika tahap CV kamu lolos, maka kamu akan masuk tahap berikutnya. Namun jika tahap ini kamu tidak lolos, maka kamu tidak akan masuk ke tahap selanjutnya.

Apa saja yang bisa kamu tulis di dalam lembar CV. Berikut ini yang kamu tuliskan di dalam lembar CV untuk melamar dari loker yang ada di info loker Pekanbaru. 

Tuliskan identitas diri 

di dalam identitas ini, kamu bisa menuliskan seperti nama, tempat tanggal lahir, nomer Hp, alamat, email, nama sosial media.

Tuliskan riwayat pendidikan

dimana saja kamu bersekolah , sampai dengan lulus. Hal itu dibuktikan dengan ijazah pendidikan terakhirmu.

Training dan pelatihan

tuliskan juga training atau pelatihan yang kamu ikuti. Apalagi berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Pengalaman di bidang pekerjaan

kamu bisa menuliskan dimana saja kamu bekerja sebelum melamar di perusahaan baru. 

Kemampuan diri 

kamu bisa menuliskan kemampuan yang kamu anggap unggul. Apalagi berkaitan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Hal lain yang dijadikan unggulan seperti hobi, prestasi

tuliskan juga hobimu dan prestasi yang kamu punya. Terutama dengan hobi yang berkaitan dengan skil yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang kamu lamar.

Tulis CV di dalam desain yang menarik

CV saat ini mengalami perkembangan dengan majunya desain grafis. Jadi CV model saat ini tidak hanya tulisan dalam lembar kertas putih polos, tapi berdesain grafis.

Jadikan CVmu lebih menarik dari pelamar loker lain, temasuk loker di info loker Pekanbaru.

TIPS LOLOS INTERVIEW/WAWANCARA

Menghadapi Interview / Wawancara kerja dengan Tips Berikut ini
Tips Menghadapi Interview / Wawancara Kerja

Nah ini bagian paling penting dari loker yang kamu lamar, termasuk di info loker Pekanbaru. Setelah tes tulis atau tes kemampuan. Namun banyak orang yang gagal di tahap ini.

Kadang bukan karena kemampuan, tapi karena sikap dan salah dalam menjawab pertanyaan. Jadi kamu harus hati-hati di tahap ini, jangan gegabah. Simak tips lolos interview loker, termasuk loker di info loker Pekanbaru di bawah ini.

Cari data diri perusahaan

Sebelum kamu melenggang ke ruangan interview, kamu harus mempelajari benar-benar perusahaan yang akan kamu lamar itu. Kamu harus tahu itu perusahaan yang bergerak di bidang apa, visi misi dan produknya.

Dan kamu mengetahui kompetitornya. Hal ini sangat penting untuk dapat mengetahui apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan ini.

Kenakan pakaian rapi

Pakaian harus rapi dan sopan, bersepatu. Jadikan kesan pertama yang bagus untuk perusahaan yang kamu lamar.

Paham posisi yang dilamar

Ketika kamu melamar pekerjaan maka kamu tau job desknya. Agar kamu terlihat berpengalaman untuk menjalani posisi yang kamu lamar.

Dokumen

Siapkan dokumen yang kamu punya jika kamu hanya melamar lewat email. Maka bawa dokumen fisiknya untuk tahap wawancara ini. Seperti fotokopi KTP, KK, ijazah, sertifikat prestasi, CV dan penunjangan lainnya.

Mengutamakan sikap baik dan komunikasi yang baik

Kamu harus bersikap ramah untuk memberi kesan yang baik pada perusahaan. Sikap yang baik dan bahasa yang baik agar memberi kesan pertama yang baik. Ramah senyum agar wajah terlihat menyenangkan.

Menjawab dengan tepat dan bijak setiap pertanyaannya

Setiap pertanyaan HRD pasti mengandung jawaban yang mereka harapkan. Maka jangan sampai kamu salah menjawab pertanyaan. Kamu bisa lebih tau jawaban yang harus kamu jawab pada HRD pada sub bab selanjutnya.

Tidak terlalu lama berpikir untuk menjawabnya

Ketika kamu sudah diberi pertanyaan, ada baiknya segera menjawab sambil memikirkan ini jawaban yang diinginkan HRD adalah seperti ini.

Percaya Diri dalam berintonasi dan menjawab

Modal percaya diri adalah sangat penting dalam wawancara. Dalam wawancara kamu menjadi tidak gugup dan akan lugas dalam menjawab pertanyaan.

Namun jangan terlalu Percaya Diri juga, karena akan menampilkan citra sombong. Dan HRD tidak akan suka dengan orang yang menyombongkan dirinya. Jangan juga sampai gugup

Menceritakan pengalaman yang berkaitan tentang posisi yang dilamar

Kamu bisa menceritakan pengalamanmu berkaitan dengan kompetensi pekerjaan yang kamu lamar. Hal itu akan menjadikan nilai plus perusahaan untuk menerimamu.

Tidak membuka aib perusahaan lama

Seberapa pahitnya perusahaan yang kamu jalani sebelumnya, kamu tidak boleh membuka aibnya. Karena hal ini akan sangat negative di hadapan HRD. Kamu akan dicirikan tukang gossip jika begitu. Suka menjelek-jelekkan orang lain.

Bertanya jika ada yang ingin ditanyakan tentang perusahaan 

Jangan malu untuk bertanya apa yang belum kamu ketahui tentang perusahaan. Jadi obrolanmu akan semakin menarik jika dua arah. Misalnya peraturan perusahaan, budaya dan sistemnya.

Jangan mendominasi wawancara

Jangan pernah mendominasi, apalagi memotong pembicaraan hal itu sangat tidak etis di dalam tahap wawancara.

Mampu bekerja tim

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tim untuk saling melengkapi pekerjaan. Dan pastinya HRD ingin pribadi yang bisa saling bekerja sama satu sama lain untuk timnya.

Gunakan warna baju hitam, putih atau biru

Hal ini berdasarkan psikologi bahwa warna-warna ini akan menjadikan symbol yang baik untuk wawancara. Warna biru tanda mampu bekerja secara tim, hitam menyimbolkan kepemimpinan dan putih adalah simbol pribadi yang suka berorganisasi.

Kontak mata dan Ekspresif agar terlihat cerdas

Pandang mata pewawancara di tengah matanya, agar kamu terkesan cerdas.

Menggunakan bahasa tangan

Tangan yang kamu buka sebagai simbol ketulusan, sedangkan telapak yang disatukan menjadi simbol percaya diri.

Jawaban dan bahasa menyesuaikan dengan usia pewawancara

Sesuaikan bahasa dengan usia pewawancara, jika usianya lebih tua maka gunakan bahasa yang sesuai. Agar nyaman dalam wawancara.

Jangan bersikap sombong

Jangan sampai kamu terlena untuk menceritakan kemampuanmu hingga terkesan sombong. Jangan sampai ya, karena banyak orang juga salah dalam hal ini. Menganggap semua kemampuan harus dipamerkan, justru akan membuat HRD mencap kamu sombong.

Menyamakan bahasa tubuh

Menyamakan gesture tubuh salah satu ilmu di psikologi untuk membuat lawan bicara merasa nyaman.

Mempersiapkan diri terhadap pertanyaan yang tidak diinginkan

Dalam hal ini akan dibahas di bab selanjutnya.

JENIS PERTANYAAN JEBAKAN DALAM TES WAWANCARA

Jenis Pertanyaan Dalam Tes Wawancara
Pertanyaan jebakan dalam tes wawancara

Kamu harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan dari HRD di loker yang kamu lamar, termasuk di info loker Pekanbaru, jangan sampai kamu salah menjawab.

Berikut ini pertanyaan umum dan cara menjawabnya agar lolos loker termasuk loker di info loker Pekanbaru

Pertanyaan untuk menggambar diri

Maksud dari pertanyaan ini bukan hanya menceritakan diri, namun HRD mengamati tentang komunikasi kamu, wawasan dan visimu. Misalnya jujur , pekerja keras, antusias, dsb.

Pertanyaan alasan tertarik ke perusahaan ini

Jawab dengan ketertarikan kita terhadap perusahaan dengan kondisi yang dialami. Dikaitkan apa yang kamu ketahui dari perusahaan. Bisa juga dijawab dengan menyalurkan bakat.

Pertanyaan untuk menjelaskan kelemahan diri

Pertanyaan ini cukup menjebak, jangan sampai kamu menjawab dengan berbohong, nanti akan menjadi boomerang.

Pertanyaan kenapa perusahaan harus menerima Anda

Deskripsikan dengan posisi yang kamu lamar, dan gabungkan dengan kompetensi yang kita miliki. 

Pertanyaan rencana untuk 5 Tahun yang akan datang

Jawab pertanyaan ini dengan kompetensi dan pekerjaan yang kamu pilih dan apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan ini 5 tahun yang akan datang. Ini mencerminkan visi misimu pada perusahaan. Karena semua perusahaan menginginkan karyawan yang setia pada perusahaan.

Pertanyaan prestasi 

Berikan jawaban yang jujur untuk prestasi pekerjaanmu selanjutnya. Jangan sampai berbohong.

Pertanyaan tentang passion

Berikan jawaban passion untuk menggambarkan bahwa kita cukup mengenal diri sendiri. 

Pertanyaan pekerjaan yang cocok

Ini pertanyaan menjebak, jawab passionmu dengan gabungkan pekerjaan yang kamu lamar.

Pertanyaan gaji yang diinginkan

Jawablah mengikuti kebijakan perusahaan. Atau kamu bisa memberikan angka dengan pandangan gaji posisi seperti ini biasanya gaji berapa.

Pertanyaan mengapa berhenti

Jawablah ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang berdasarkan minat dan bakat.

Praktekkan dan selamat datang kamu lolos loker yang kamu lamar, termasuk loker-loker di info loker Pekanbaru yang kamu lamar.

LihatTutupKomentar